Mudahnya Mengurus Visa Amerika Serikat di Luar Negeri (US Visa Application Process Abroad)

Mengurus visa Amerika Serikat di luar negeri (dalam hal ini di Istanbul, Turki) ternyata nggak seribet yang dibayangkan dan dirumorkan. Dibandingkan dengan pengalaman mengurus visa Schengen, Kroasia, maupun Korea, pengalaman mengurus visa Amerika Serikat merupakan yang tercepat dan birokrasi yang nggak pake ribet. Berikut langkah-langkah mengurus US visa untuk tipe B1/B2 (Visitor Visa):

  1. Pertama pastikan untuk mengisi form D-160 (Online Non-Immigrant Visa Application) yang tersedia online di https://ceac.state.gov/genniv. Disini diharuskan untuk mengisi beberapa pertanyaan yang semua berbahasa Inggris, dan diakhir form nantinya aka nada perintah sign dan submit yang menandakan bahwa semua informasi yang diberikan benar.
  2. Setelah mengisi form nantinya akan ada print out hasil konfirmasi mengenai info diri dan kedutaan/konsulat US tempat mendaftar visa nantinya serta Onay Numarasi (Nomor penting untuk pelacakan visa kita nantinya).
  3. Membuat akun di http://turkey.usembassy.gov dan membayar MRV fee (Biaya visa US) untuk mendapatkan perjanjian wawancara di konsulat atau kedutaan US.
  4. Menentukan jadwal wawancara ada baik jauh-jauh hari atau segera setelah membayar MRV fee. Biasanya sekitar bulan Mei-Agustus sangat susah untuk mendapatkan jadwal wawancara dekat dengan tanggal dimana kita membayar MRV fee.
  5. Setelah mendapatkan jadwal wawancara nantinya akan mendapat US Visa Confirmation yang isinya mengenai tanggal wawancara, bukti pembayaran MRV fee, serta kantor pos yang ditunjuk US Embassy untuk pengambilan visa kita nantinya (di Turki melalu PTT Office).
  6. Menyiapkan foto pas ukuran 4,5 x 5,5.
  7. Menyiapkan berkas untuk wawancara dan datang tepat waktu di konsulat US di Istanbul (Istinye), atau Ankara. Oh ya, pada saat wawancara disarankan untuk tidak membawa alat komunikasi/elektronik dalam bentuk apapun. Untungnya pas di Istinye ada jasa penitipan HP, dan laptop yang lumayan murah cuma 5 TL.
  8. Menyiapkan dokumen pendukung seperti undangan menghadiri konferensi/seminar, kuliah singkat, atau dokumen lainnya.
  9. Menunggu hasil visa.

Pada saat wawancara terbilang cepat karena beda dengan visa Schengen yang meminta bukti keuangan sampai bukti rincian perjalanan, wawancara visa US cuma menanyakan maksud berkunjung ke US, dan voila your visa has been approved.

Approval

 

Mengurus visa US termasuk cepat karena cuma butuh 2-3 hari kerja, dan biasanya visa diberikan untuk jangka waktu 5-10 tahun (lumayan, bukan!). Visa ini pun bisa digunakan meskipun paspor kita ganti nantinya (misalnya dikarenakan habis berlaku atau halaman penuh). Jadi, jangan ragu lagi untuk mendaftar visa US, karena prosesnya mudah dan cepat. Good luck and US awaits you!

 

NB: Untuk pengurusan visa pelajar berbeda dengan visa visitor dimana membutuhkan SEVIS. postingannya terpisah😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s