Ankara and Center Anatolian

31/01/2011

Wah rasanya udah lama banget gak ngepost di blog… Im back after busiest days lately and exam preparation… ::freez::

Hari ini tepatnya hari Minggu. Hari dimulainya liburan musim dingin selama 2 minggu. Kami berencana berpetualang sambil melihat universitas di Ankara dan region Anatolia. Perjalanan hari ini emang asyik bgt, kita sepakat nggunain Karesi Ekspresi ke Ankara. Harganya lumayan murah sih , 22 YTL atau sekitaar Rp. 132.000,-. Wah tapi jangan diragukan untuk kualitas emang Turki bagus banget. Disamping tempat duduk hanya 2 – 1, dilengkapi penghangat dan tempat duduknya reclining seat seperti kelas eksekutif di Indonesia. Rasanya miris bgt ngeliat kereta Indonesia yang masih perlu perbaikan L

-Karesi Ekspresi menuju Ankara-

Perjalanan menuju Ankara memakan waktu sekitar 13 jam. Meskipun kereta ini lumayan cepat tapi trayeknya cukup jauh. Nantinya sampai Ankara pas pagi hari..wah jadi bisa langsung keliling.. J

Akhirnya sampai Ankara juga.. jam 9:42 waktu Ankara.. Haa.. Ternyata gak sedingin yang dibayangkan..Jauh lebih ngeri Izmir..hehe.. Kita dijemput oleh Ketua PPI Turki dan selanjutnya menuju Kizilay Cd. (Pusat Kota) untuk bertemu teman-teman yang lain.

Setelah makan pagi , akhirnya kita terpisah..rombongan cewek dan rombongan cowok.. Sampai juga di apartemen salah satu mahasiswa master Universitas Hacettepe bernama Mas Kristian. Wah seneng bgt pas pertama dateng disuguhin bakwan sama ayam goreng sambel pedaaass.. Berasa makan lalapan di Jogja,,hehe

Istirahat bentar, terus pas sore hari kami berencana ke Universitas Hacettepe untuk main salju plus hunting foto..hehe katanya sih di hacettepe saljunya tebel bgt. Perjalanan dr apartemen ke sana cukup lama sekitar 1 jam..Dan untuk masuk univ nya gak gampang. Kami harus cari alas an, yaitu bilang ke sekuriti kampus waktu pemeriksaan bahwa kami mau daftar di Univ ini..::freez::

Ternyata bener, di Hacettepe saljunya tebaaalll…kami pun hunting foto disini..

-@Hacettepe University-

Akhirnya saat untuk pulang ke apartemen…Thanks God for today..😀

***

2/2/2011

Siang ini rencana kami berikutnya adalah ke Universitas Terkenal di Turki, Middle East Technical University dan Ankara University. Memang masuk univ di Turki untuk sekedar lihat2 emang susah bgt..gak kayak di Indo..tinggal masuk aja. Akhirnya kami menunggu mahasiswa Indonesia yang kuliah di Ankara University untuk bernegosiasi dengan sekuriti kampus. Finally we make it..!!

Akhirnya bisa ke Fakultas Pertanian Universitas Ankara,

—-

Wah ini dia Department of Dairy Science and Technology. Pilihan pertamaku sewaktu mendaftar beasiswa ini. Beruntungnya langsung ketemu dengan Professor departemen ini. Wah untung bahasa inggrisnya expert, aku pun disarankan untuk masuk METU- Food Eng.

Yah bergegaslah kami ke METU(Middle East Technical University,red.). Lagi kami menghubungi ketua PPI karena memang beliau kuliah S2 disini. Tapi pada saat itu kami dengan nekatnya bilamg ke sekuriti mau daftar disini dan liat2. Tapi malang benar, kami diturunkan dari bis di depan gerbang kampus METU untuk menuju bagian informasi sebelah gerbang. Kami tunjukkan kimlik (identitas). Pada saat itu yang aku tunjukkan Tomer kimlik..haha langsung suruh masuk tanpa ini itu..

Kampus METU emang luas bgt.. 3x luas UGM aku kira.. Disini sampai ada monorail(tp sekarang gak difungsikan) dan bis yang dapat digunakan secara gratis jika kita sudah memasuki gerbangnya. Bagian pertama yang kami kunjungi adalah Bagian PostGrad..karena salah satu teman ingin menanyakan tentang Master bidang Petroleum.. Sementara aku sendiri ingin ke bagian kantor Internasional dan Bagian Bio Molekuler..Akhirnya kamipun menuju kesana :

-depan Fakultas Biologi bagian Biomolekuler-

-ruas jalan setelah masuk gerbang METU-

-Peta Kampus METU-

Selesai semua acara ini, kami menuju salah satu supermarket yang katanya indomie dijual disana. Tapi sayang pada saat itu Indomie habis..Terpaksa pulang tanpa Indomie L

***

3/2/2011

Hari ini rencana ke Kapadokya. Tapi karena banyak yang gak setuju akhirnya diubah menjadi ke Bursa untuk main Skii..Hari ini ternyata juga ada hal yang sempat membuat kami agak kecewa, karena cewek pada mau balik ke Izmir. Ahh daripada liburan rusak akhirnya siang itu juga setelah berbicara 8 mata akhirnya aku dan temenku berencana naik YHT (kereta cepatnya Turki)..mumpung muraaah bgt… disini ada diskon buat pelajar lho..Jadi kami berdua hanya di charge 16TL/orang atau sekitar Rp. 96.000,- Jarak yang ditempuh sekitar 240 km. Setara Jogja- Surabaya. Dan dengan kecepatan 250km/jam akhirnya sampai Eskisehir dalam waktu 1,5 jam.. Greaattt

-bersiap naik YHT-

—-

-YHT interior ( here 253,2 km/h speed)

Sampai Eskisehir ternyata otobusnya masih ada untuk yang ke Bursa. Langsung dah naik bus tekno dengan harga 14TL.  Perjalanannya cukup menyenangkan dengan hiburan TV dan Multimedia di depan tempat duduk. Sesampainya di Bursa jam 17.00… wah udara disini cukup dingin.. kami bingung mencari penginapan. Akhirnya timbul ide untuk nginap di Ogrenci Yurdu (Asrama Mahasiswa) , soalnya kami punya kartu Ogrenci Yurdu. Nah untungnya pas di bis ada Wifi.. kami memilih Uludag University. Langsung cabut kesana….😀

Dengan beraninya menemui Mudur(Direktur) asrama waktu itu.. Setelah perdebatan lama karena kami nggak punya surat ijin dari Mudur asrama kami, akhirnya boleh nginep dengan status musafir..Hehe.. Wah kamar disini lebih lebar dan hebatnya disini udah ada lampu belajar plus saklar  listrik terpasang dimasing2 kamar.. Jadi betah n gak perlu ke Wifi room…

-Asrama Mahasiswa (Öğrenci Yurdu)

Time to Sleep.. Tomorrow will be a great day😀

******

4/2/2011

Hari ini sengaja bangun pagi untuk siap2 menuju tempat ice skiing di Uludağ (Gunung Ulu).. Tempatnya jauhh banget keatas. Dari Öğrenci Yurdu kita naik otobus 2 TL terus harus naik kereta gantung atau cable car . Tiket cable car pp seharga 15 TL…Perjalanan membutuhkan kurang lebih 1,5 jam. Dan harus transit 1x.  Setelah 1,5 jam akhirnya sampai di Uludag. Tapi pertama datang agak heran juga sih, kenapa nggak ada tempat ski.. malah banyak bgt anak kecil yang main kereta ski…Ternyata kami harus naik dolmus (semacam mini bus) seharga 2,5 TL untuk sampai di puncak Uludag, tempat dimana bisa bermain skii..

-Cable Car Service-

Akhirnya sampai sini juga.. bertemu dengan teman2 Malaysia yang kuliah di Jordan.. Wah karena kita rame2, akhirnya nyewa peralatan ski didiskon jadi 15TL yang semula 20 TL..

-with Malaysians-

it is skiing time …  J))))

Nggak terasa cepat sekali … akhirnya harus balik Izmir.. Very nice winter breakss… Thanks God J