A Long Journey to Japan(2)- Tentative Lecture

Hari ini tanggal 26 July 2010 dijadwalkan untuk mendapatkan lecture mulai jam 8:50. Wahh gw untung udah set waktu sini. Jadi jam 7 udah bangun, sholat terus makan pagi dari kemarin makanan yang dibungkusin pas welcome party. Gila makanny jadi beku kayak gini pas gw taruh di fridge..haha lol

Terpaksa nunggu beberapa menit biar esnya mencair..Tapi enak ko..hehe
Terus langsung go downstair.. Ternyata temen Korea udah nunggu. Waktu menunjukkan Jam 7:45, tapi taxi kita belum datang. Terpaksa nunggu + foto2..

Kown Sunbong and Kim Taekyun

Jam 8:00 tepat taxi datang.. Gila tepat waktu yak.. Salut salut. 
Ternyata kita masih nunggu temen dari Pakistan yang baru tadi malam datang namanya Khan Saeed. Agak telat sih, but no problem.. wah komunikasi Inggris Khan very excellent.. Kim juga bagus sih..Nah yang Kown pendiem dan jarang ngmong. Kita berangkat dari Itsuki Heights(Apato kita) menuju Kuramoto Kampus(Kampus untuk Institute Health Bioscience dan bidang kesehatan lainnya). Nyampai sana langsung kita nyasar gak tau arah. Taxi drivernya juga gak bisa bhasa inggris, terpaksa kita pakai bhasa jepang yang dikit bgt dengan menunjukkan peta2 letaknya.. Akhirnya kita menemukan building tempat kita akan menerima lecture.
Udah pada datang temen2 nih. Ternyata pesertanya tambah banyak karena diikuti mahasiswa inter juga yang kuliah disini. Rata2 post doc sih.. Ada Kam-San dari vietnam, very unique girl. 1 mahasiswa dari mesir. 1 dari Bangladesh, Beberapa dari Mongolia dan Indonesia. Jam 8:50 tepat kuliah awal dimulai oleh Prof. Fukui ‘ProteinExperiments I’. Wah kuliahnya asik, kita diksh assignment untuk summary. Kemudian jam 10:30 lanjut lecture lagi Protein Experiments II oleh Prof. Yorita. Akhir lecture kita disuruh summary lagi.
Wahh tak terasa perut ini lapar sekali. Untung ada Mas Ivan (dosen KG UGM yang belajar di Tokushima) mengarahkan kita untuk ke kantin. Dan bersedia memilih makanan2 halal bagi yang muslim. Karena beliau bawa nasi, jadi gw gak perlu beli nasi,hehe untung..Beli lauk kena charge sekitar 250an yen.. Cukup mahal. Kalo disini 1 yen=1,3 gram.. Wahh gak bisa bayangin kalo mkan nasi kaya di Indo, btuh berapa yen byar sekali makan.
Pas lagi enak makan, tiba2 kaget gw ketika Prof. Fukui nyapa.. Ternyata beliau Cuma nyampaikan kalau Prof. Eiji Takeda sedang makan disini. Jadi aku bisa kenalan dengan dy. Langsung kesana, kenalan dngan beliau yang lagi menyantap makan siang dengan porsi mie yang besar..kayaknya ramen sih. どうぞ宜しく御願いします。。 Jadwal gw untuk lab tour maju jadi jam 13:00..karena Prof. Eiji Takeda sangat sibuk. Terpaksa waktu makan gw tinggal 10 menit lagi.. Ahh gak boleh telat, buru buru ke kantor Inter student service buat ketemu Yaneda-san. Lalu dianter beliau ke lab Prof. Eiji Takeda..
Haaa… Cape juga, agak nervous mau ketemu Prof. ditempat pribadinya. Yaneda-san pun ninggalin kita. Dengan gaya nervous sambil nunduk aku bilang aja Rahmad Supriyantoです、インドネシア殻着ました。どうぞ宜しく御願いします。Wah beliau sangat surprised aku ngmg gtu..ahha Alhamdulillah. Beliau menjawab 宜しく御願いします., u can speak Japanese??
Haa..dengan gaya malu aku jawab.. “just a little sensei”. Dan beliau pun kembali memulai dialog dengan menanyakan “u r still 2nd semester,right?”..aku jawab iya terus jelasin prodiku.. Aku tertarik dengan penelitian beliau tentang Gizi Masyarakat ‘Nutritional Food on Controlling Stress’.. kata ‘Brain Food’ yang paling ngetach keingin tahuanku..Beliau menjelaskan sangat detail sekali..asyik2.. sambil minta2 research2 apa yang sedang beliau lakukan.. aku diberi beberapa lembar kertas tentang research beliau karena commentku bahwa di website penjelasannya kurang detail ..hhehe
Wah beliau juga baik offer kalo minat mempelajari nutrisi, kamu bisa lanjut dsni lewat Mext dengan rekomendasi saya..Ahha seneng bgt dpt kata2 itu.  ..Agak lama di ruang kerja Prof. Takeda aku request untuk mengunjungi labnya..dan diberi ijin sambil didampingi beliau. Labnya sederhana sih..tp alatnya lumayan canggih. Akupun tau alat2 yang ada di lab fakultas peternakan yang mahal bgt ada disini. Banyak bgt nanya aku di lab ini.. Interesant!!!
Karena beliau sibuk, beliau pamit untuk meninggalkan aku..Tapi tak lupa kau request lg untuk mengunjungi lab Institute Animal Experimentation, because I’m Animal Science student,hehe.. Beliau mengijinkan aku untuk kesana dengan menunjukkan arah lab itu. Segera mungkin setelah pamit aku langsung cari Institute animal Exp..Setlah cari kok gak ketemu2..kayaknya nyasar gw..Langsung ke Yaneda dan meminta dy untuk mengantar. Tapi ternyata setelah dy telp di Institute Animal Exp..Gak boleh pergi kesana karena ada proteksi terhadap virus dan bakteri yang strict disana.. Ahh sad mode on ..padahal kalo di fapet bleh masuk aja asal mahasiswa.
Sambil nunggu temen2 yang 1 taxi , korea dan Pakistan terpaksa memanfaatkan ngenet disana. Setelah nunggu lama sampai 2 jam gak muncul2 temen..Yaneda bilang kalo taxinya udah di apato dan si Korean student udah dianter. Ahh malang kali nasibku padahal tiket taxi di mereka. Tapi Yaneda bilang aku harus nunggu sampai jam 5an. Nanti Fukui sensei yang nganter ke apato.. Ahh ngenet lagi dahh.. Temen2 dari Indonesia datang dengan cerita mereka tentang lab tour yang mengasyikkan.. Laper bgt udah jam 4 nunggu Fukui sensei. Waktu itu badanku juga agak sakit dan mungkin jetlag. Untung ada mbak S3 KU UGM tau keadaanku dan ngasih sereal instan ***gen dan Mie Instan karena aku blum makan,..perhatian bgt bu dokter ni..hehe..dikasih lah pula obat pusing..Tapi sayangnya gak ada air panas disana alias habis ..Terus ketemu sensei lagi lupa namanya. Beliau mengarahkan untuk nunggu di tempat kerja beliau di Inst Health Bioscience.Katanya disana ada air panas,hehe. Nyampai sana eh beneran langsung dikasih air panas.. Beliau bilang ’ Ohh u bring noodle from Indonesia,,hhaa’ tersenyum ramah. Sambil nunggu mie matang, disuguhi minuman isotonic.. Mienya pun matang..haha ngucap 頂きます..sambil makan..haa enak bgt makan depan professor..pdhl klo di Indo sungkan bgt mau makan sendiri. Sambil makan dan ngorek informasi tentang pengolahan sampah disini aku dpt info banyak.ahh lumayan lah untuk info krn aku tim peneliti sampah kampus. Prof Fukui nelp dan minta maaf klo dy bkal dtg sekitar jam 6.. Ternyata sebelum jam 6 beliau udah dateng..Next Go Apato…
Nyampe Apato langsung mandi , untung td udah sholat jamak qasar jadi kewajiban asharnya udah ditunaikan.. Dsni udah jam 18:45..gilaaa masih terang, mgkn krn Summer sih. Langsung menuju Office International tempat 組さんsama 悦子さん berada buat ngenet  . Maklum di Apato gak ada wifi..Ada wifi pun , nyuri lah istilahnya..Cuma 1 yang bisa connect dan yg lain pke password..itupun lemot meski gak selemot di indo. Bermodalkan peta gw jalan kesana..Ahaa nyampe juga.. Mereka pun dengan ramah menyilakan aku buat pakai internet..Gilaaaa cepet bgt,..Transfer foto dan Upload upload.. Haa sambil ngobrol2 ternyata udah jam 9 malam.. Wah mereka tetap kerja depan computer. So serious!!! Salut2..berulang kali gw nanya..kantor ini gak nutup?? Mereka jawab ‘belum’..kami selalu kerja overtime,..wauwww..Gw heran!?!:!!!?!?!
Waktupun menunjukkan pukul 10..Gw nanya lagi..Belum tutup kantornya?? Mereka pun bilang lagi belum..kalo mau ngenet gak papa..kita masih banyak tugas yang harus dikerjakan..!??!aku bilangがんばって..  sambil bercakap2 tentang bahasa jepang dan budayanya..aku dpt banyak info juga.. tapi mata ini gak kuat nahan kantuk jadi jam 10:45 pulang sambil dianter 組さん。。Waahh atmosfer disini kayak bukan jam 11..ternyata bukan kantor di inter office aja..lab2nya pun masih kerja dan masih banyak mahasiswa diskusi,,.banyak juga sepeda masih diparkir dsni..bener2 salutt..
Nympe apato ngeliat 3 mesin penjual minuman otomatis.. milih2 ternyata harganya mahal2..tapi akhirnya ngambil アイスココア..wahh enak rasanya..Nyampe kamar langsung makan roti , liat tv sama internetan lagi..dan tidur pas jam 12an lebih… お休みなさい!!!


Tinggalkan Balasan

