Pengurusan Visa Jepang (Short Term)

Kali ini tepatnya kurang 5 hari lagi sebelum keberangkatan ke Jepang, hehe nekat bgt baru ngurus visanya sekarang. Alhasil malamnya jam 21.54 WIB gw brgkt naik Gaya Baru Malam (Ekonomi) ke Surabaya. Wihh sumpah keretanya padat sekali, gak sama seperti yg dibayangkan klo smpe Jogja pasti sepi. Akhirnya terpaksa aku berdiri dari Yk-Sragen. Nyampe Sragen ditawari mbak2 untuk duduk..Waa baik deh mbaknya, pdhl sempit. Tujuan kita juga sama di Stasiun Surabaya Gubeng.

Wahh…Kereta ini Lumayan cepet lho daripada kereta eko  lainnya..kecepatannya hampir kyk Sancaka Exa atau Bisnis. Kursinya juga nyaman. Singkat cerita, nyampai Surabaya jam 2:41..Waa sepi bnget mana musholla juga ditutup. Yaa terpaksa jadi Gelandangan untuk 3 jam,hehhe..Jam 5:12 suasana gubeng sudah mulai rame. Sampai akhirnya aku mandi jam 6:13 dan siap2 untuk ke Jalan Pemuda ambil uang lalu ke Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya.

Oh iya untuk pengurusan visa HARUS sesuai dengan teritori/yuridiksi masing2. Misalnya pasporku nih dari Jember..Berarti aku harus ngurus visanya ke Surabaya. Kalau Jogja,Jakarta,Bandung,dan sekitarnya harus ngurus di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta. Jam 7:30 aku stand by disana. Ternyata untuk pengurusan visa dimulai pukul 8:30 WIB-12:00 WIB. Dan untuk pengambilan visa pukul 13:30 WIB-15:00 WIB.

Terpaksa nunggu 1jam lagi ditemani dengan satpam jaga yang bertampang sangar tapi baik :freez::

Jam 8:30 pun tiba, dan dengan tenangnya aku berikan laptop,hp ma tanda pengenal. Karena gak boleh dibawa. Masuk ke Bagian Visa dengan pengenal berwarna merah terus disambut dengan petugasnya dengan wajah sangar pula..:nervous:: nah disamping gw juga ada orang jepang yg lagi ngurus visa. Waa ngomongnya cepet bgt Gw Cuma tau sepatah kata doing.. 灰!分かりました!米なさい!、sama apalagi ya..gw lupa..dy juga bicara sma anaknya sih..lanjut cerita, gw nyerahin berkas sesuai dengan yang ada di web waktu searching2 via google. Wah ternyata info di Web tuh gak lengkap. Untung gw bawa kelengkapan sesuai dengan pengurusan visa jerman.

Nah ini kelengkapan yang wajib dibawa :

  1. Paspor
  2. Application Form (bisa didownload atau minta di Kedutaan/Konjen)
  3. Foto 4,5cmx4,5cm no background or editing (fotonya harus foto 6 bulan terakhir/terbaru)
  4. KTP dan atau KTM serta fotokopinya
  5. Airline ticket atau Booking informationnya aja.
  6. Invitation Letter(dari pihak jepang) asli
  7. Invitation Letter(dari pihak Jepang) berbahasa Inggris asli
  8. Jadwal Kegiatan Selama di Jepang.
  9. Surat Rekomendasi dari Universitas(jika mengikuti program)
  10. Fotokopi kartu Keluarga

Setelah itu kita diminta untuk mengisi detail acara mulai dari kita berangkat dari tempat asal sampai dengan tiba di Jepang dan kembali lagi ke Indonesia.

Proses visa biasanya membutuhkan waktu 4 hari, setelah proses aplikasi visa selesai, kita akan diberi receipt semacam ini untuk menanyakannya 4 hari mendatang. Pembayaran visa dilakukan setelah visa jadi yaitu 4 hari kedepan. Besarnya sekitar Rp.320.000,- untuk single entry.

Visa jadi seperti ini

Nah Selamat Mencoba dan がんばって!!!!!^^

“” Wah ternyata visa pelajar S1 di Indonesia gratis untuk temporary visit..hehe uangny bisa buat jajan dahh”””


11 thoughts on “Pengurusan Visa Jepang (Short Term)

  1. mas, boleh numpang tanya..KTP sm KSK (kartu keluargany) harus nunjukkan yg asli gak?atau hanya nunjukkan fotokopi aja..soalny kan kalo bikin passport kudu menyertakan akte kelahiran, KTP, KSK asli..makasih..

  2. Great work! That is the kind of info that are meant to be shared across the web.
    Disgrace on the seek engines for now not positioning this submit upper!
    Come on over and consult with my website . Thank you =).
    you can actually twitter followers buy, Facebook or myspace fans/likes as well as Dailymotion landscapes
    in addition to responses.
    twitter followers buy Low-cost along with
    Protected to get twitter account.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s